Wednesday, April 24, 2013

Pura Uluwatu Bali

Bali yang dikenal sebagai pulau Dewata maupun pulau seribu pura, yang salah satunya adalah pura Uluwatu. Objek wisata ini juga menawarkan tujuan wisata yang menarik seperti pemandangan laut dengan sunset dan Tarian kecak yang digelar disekitar areal pura. Secara administrasi terletak di desa Pecatu kecamatan Kuta, Badung dan berada di tebing yang curam dengan ketinggian sekitar 97 meter diatas permukaan laut dan menghadap ke laut lepas, samudera Hindia. 

Pura Uluwatu Bali
Pemandangan Laut
Adapun jarak dari kota Denpasar sekitar 32 kilometer atau sekitar 40 menit . Untuk menuju kesana kita bisa menggunakan sepeda motor maupun mobil autau bis saat perjalanan kesana akan  melewati objek-objek wisata seperti  GWK, pantai Kuta, Jimbaran dan Airport.

Pura Uluwatu merupakan pura yang disakralkan oleh warga Hindu Bali dan untuk memuja Tuhan dengan manifestisnya sebagai dewa Rudra. Diceritakan pada zaman dahulu seorang pendeta Danghyang Niratha pada tahun 1550 datang ke Bali dan membangun pura ini dan beliau mencapai moksa(seseorang yang meninggal dunia ini tanpa jasad).

Yang membuat objek wisata ini menari adalah tempatnya yang berada di atas tebing yang menjorok kelaut dan dikelilingi hutan yang dihuni oleh monyet. Disampin itu tempat ini juga menawarkan suasana alam yang tenang dengan hembusan angin samudra Hindia yang biru akan memberikan anda kesan yang damai sambil mengagumi keindahan ciptaan Tuhan. Dan pada sore hari anda bisa menikmati matahari terbenam (sunset) dari sini serta menonton tari Kecak yang pentas mulai dari jam 6. Tari kecak ini merupakan tarian khas Bali yang dalam pementasannya tidak diiringi dengan alunan music / gamelan dan ditarikan oleh banyak penari dengan api unggun / api obor di tengah-tengahnya.

Sunset di Uluwatu
Sunset
Untuk menuju pura terdapat tangga yang lumayan tinggi, di sampingnya ditumbuhi pohon kamboja, disini sangat cocok untuk mengambil foto. Disekitar area pura terdapat hutan kecil yang dihuni oleh para monyet. Monyet-monyet disini nakal-nakal dan sering menggangu, sangat di sarankan untuk tidak menggunakan topi, kacamata, gelang maupun pernak-pernik yang dapat menarik perhatian monyet karena mereka bisa saja mengambilnya dari anda dengan cepat dan bahkan merusaknya. Termasuk kamera anda bisa jadi korban si monyet nakan jika tidak hati-hati menggambil gambar. 

Silahkan datang kesini jika anda mengunjungi pulai Bali dan rasakan keindahan sunset dan hembusan angin samudra yang sepoi-sepoi. Selamat berlibur di Bali...









No comments:

Post a Comment