Saturday, May 11, 2013

Objek Wisata Taman Ujung Karangasem

Kabupaten Karangasem terletak disebelah timur pulau Bali, adapun objek wisata yang menarik yang bisa anda kunjungi salah satunya adalah Taman Ujung yang sering disebut dengan Taman Sukasada Ujung. Taman ini berada didesa Tumbu sekitar 85 km dari kota Denpasar atau sekitar 2,5 jam perjalanan dengan mobil.

Taman Sukasada Ujung Karangasem
View 1
Objek wisata ini merupakan taman air peninggalan kerajaan Karangasem dan taman ini dibangun pada tahun  1901 masa pemerintahan raja I Gusti Bagus Jelantik dan diselesaikan pada tahun 1937. Tujuan dari pembuatan taman ini adalah sebagai tempat rekreasi /istirahat raja dan menjamu tamu-tamu penting kerajaan yang secara resmi digunakan pada tahun 1921 dan oleh pemerintahan kolonial belanda disebut dengan istana air (water palace). Bangunan di taman ini merupakan perpaduan antara tiga arsitektur seni yaitu arsitektur Bali, China dan Belanda. Pada saat gunung Agung meletus, taman ini rusak terkena dampak letusannya dan kemudian pada tahun 2000 direnovasi oleh pemerintahan kabupaten karangasem.
Objek Wisata Taman Ujung Karangasem
View dari Bale Kapal

Terdapat tiga kolam besar disini dan salah satunya terdapat bale ditengah-tengahnya, didalam kolam terdapat ikan yang besar-besar jika anda membawa roti anda bisa memberikan roti tersebut kepada ikannya. Ditengah-tengah kolam terdapat tempat tinggal raja yang dapat diakses melalui jembatan kecil yang lebarnya kira-kira satu meter. Disini masih terdapat tempat tidur raja dan foto-foto keluarga raja.

Untuk mencapainya, jika anda dari kota Denpasar bisa melalui jalan Bypass Ida Bagus Matra kemudian terus sampai di objek wisata Goa Lawah kemudain melewati Candidasa. Jalur ini masih merukan satu jalur dengan tujuan objek wisata Tirta Gangga dan Amed (wisata menyelam dan snorkling).

Kamar tidur raja
Banyak orang telah mengunjungi tempat wisata ini baik masyarakat lokal, wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. Sama seperti objek wisata lainnya, pengunjung akan semakin banyak saat hari liburan. Terdapat Bale Kapal yang merupakan ciri khas dari tempat ini, nah jangan lupa untuk foto-foto disini. Bale Kapal merupakan bangunang yang sudah tua yang tanpa atap dari sini anda bisa melihat taman secara keseluruhan, pemandangan pantai dan pemandangan gunung Agung yang berdiri kokoh karena tempatnya yang paling tinggi dan untuk mencapainya anda harus melalui tangga.

Taman Soekasada Ujung Karangasem Bali
Jembatan akses ke tempat tinggal raja
Disamping unutk refreshing atau rekreasi tempat ini juga sering digunakan untuk foto pre-wedding. Untuk tiket masuk Rp. 5.000 per orang (april 2012), parkir motor Rp. 1.000, parkir mobil Rp. 2.000 dan jika anda membawa kamera DSLR maka akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp. 50.000.


Nah, jika anda berkunjung ke pulau Bali, jangan lupa untuk mengunjungi objek wisata Taman Ujung Karangasem ya....,

Taman Ujung Karangasem
Bale Kapal

Peta lokasi 



3 comments:

  1. ternyata banyak juga pilihan wisata di Karangasem jadi penasaran kepengen mencoba salah satu wisata di atas. Terimakasih informasinya
    salam by Didah admin Kawah Putih

    ReplyDelete
  2. Mau tahu lebih banyak tentang Wisata Fantastic di Bali, ini dia Taman Ujung Bali

    ReplyDelete
  3. ternyata Bali itu luas, karena banyak objek-objek wisata yang jarang bahkan tidak orang tahu. Terima kasih buat info nya

    ReplyDelete