Thursday, April 25, 2013

Pura Tanah Lot Bali

Pura Tanah Lot merupakan salah satu objek wisata yang terkenal dan patut anda kunjungi jika liburan ke Bali. Pura ini sama seperti pura yang lainnya, tapi yang membuatnya unik dan spesial adalah tempat dibangun pura tersebut berada diatas batu karang di laut yang jika air laut pasang akses kesana bagi orang yang akan sembahyang. 


Pura Tanah Lot Bali
Pura Tanah Lot Bali
Pantai di pura Tanah Lot tidak berpasir seperti pantai-pantai lainnya di Bali tetapi hanya berupa batu koral yang cadas ada disini. Panorama yang ditawarkan di tempat ini adalah pandangan pantai dan matahari terbenam yang eksotis. 

Tempat wisata ini terletak di kabupaten Tabanan, tepatnya di desa Beraban sekitar 30 km dari kota Denpasar atau sekitar 11 km dari kota Tabanan. Untuk menuju ke lokasi anda bisa menggunakan sepeda motor maupun mobil. 

Pura Tanah Lot dibangun oleh pendeta suci dari jawa yang bernama Danghyang Nirartha pada abad ke 16. Ia menguatkan keimanan masyarakat tentang ajaran Hindhu. Karena pengikutnya semakin hari semakin bertambah, maka membuat sang Bendesa (kepala adat) iri dan kemudian meminta sang pendeta untuk meninggalkan Tanah Lot. Pendeta Danghyang Nirartha kemudian menyanggupinya, tetapi sebelum beliau pergi, beliau dengan kekuatannya memindahkan batu karang kepantai dan dibangun pura Tanah Lot serta menjadikan selendangnya sebagai ular penjaga pura. Ular-ular ini sangat beracun sekitar 3 kali lipat dari kekuatan racun ular kobra. Dan pada akhirnya sang Bendesa ini menjadi pengikut pendeta Danghyang Nirartha. 

Jadi jangan lupa untuk memasukkan objek wisata pura Tanah Lot di dalam daftar liburan anda ke Bali.
Have a nice holiday ......





No comments:

Post a Comment