Thursday, April 18, 2013

Hari Raya Nyepi di Bali

Nyepi berarti sepi atau sunyi, hari raya Nyepi adalah hari pergantian tahun baru caka yang diperingati dengan  melakukan tapa brata penyepian seperti  Amati Geni (tidak ada cahaya bahkan di malam hari, api), amati Lelanguan (Tidak berpergian, pergi ke suatu tempat atau tidak bekerja), Amati Lelungan (tidak bersenang-senang, tidak ada suara) dan Amati karya (ditak bekerja) ada juga orang-orang melakukan Puasa (vasting). Hari raya Nyepi dilaksanakan setiap Tilem Kesanga (bulan mati ke sembilan menurut penanggalan Bali) biasanya jatuh pada bulan Maret.


Ogoh ogoh Nyepi di Bali
Ogoh ogoh
Sehari sebelum Nyepi / pengerupukan akan dilaksanakan upacara Mecaru untuk membersihkan Bhuana Agung(alam semesta) dan Bhuana Alit (alam manusia) dari pengaruh tidak baik / jahat dan memohon keselamatan kepada Sanghyang Widhi (Tuhan Yang Maha Esa). Tiga hari atau dua hari sebelum Nyepi warga Hindu akan melaksanakan upacara Melasti/mekiyis ke pantai untuk memenyucikan semua sarana persembahyangan   dan menghanyutkan kekotoran alam menggunakan air kehidupan (laut dianggap dapat melebur kekotoran tersebut).

Dalam peringatan hari raya Nyepi tidak lengkap kalau tanpa Ogoh-ogoh. Warga sudah membuat Ogoh-ogoh jauh hari sekitar dua bulan sebelum hari H dan dengan biaya jutaan rupiah. Ogoh-ogoh merupakan boneka besar ada yang terbuat dari stereofoam maupun ulatan bambu yang dibuat menyerupai raksasa, setan dan tokoh jahat lainnya baik itu dari cerita pewayangan (Mahabarata dan Ramayana) maupun dari kehidupan sehari-hari seperti tokoh koruptor. Para pemuda akan mengarak Ogoh-ogoh tersebut keliling desa kemudian akan dibakar tapi ada juga yang dibiarkan di bale banjar samapi hancur dengan sendirinya. Pengarakan Ogoh-ogoh dilakasanakan di petang hari.

Setelah Nyepi adalah hari Ngembak Geni dimana warga akan memulai hari baru dengan bersilahturahmi  ke keluarga maupun ke kerabat dan juga dimanfaatkan untuk liburan mengunjungi objek wisata di Bali. Dan Ogoh-ogoh merupakan daya tarik wisata yang tersendiri bagi wisatawan untuk berkunjung ke Bali.

Selamat Datang di Bali, Menikmati budaya dan tempat wisata di Bali.
Ogoh ogoh raksasa Rangda
Ogoh ogoh Raksasa / Rangda

No comments:

Post a Comment