Thursday, June 20, 2013

Taman Budaya "Art Center" Bali

Taman Werdhi Budaya atau dikenal juga dengan Art Center merupakan suatu tempat untuk mementaskan seni budaya Bali kepada masyarakat dan sebagai tempat pameran yang berhubungan dengan seni dan budaya Bali baik itu berskala lokal maupun nasional. Terletak di tengah kota Denpasar tepatnya di jalan Nusa Indah dan untuk akses kesana bisa lewat jalan Hayam Wuruk maupun Jalan WR. Supratman.


Taman Budaya Bali - Art Center Bali
Panggung Terbuka Ardha Candra
Dibangun diatas lahan seluas kurang-lebih 14 hektar atas prakarsa gubernur Bali yang pertama Ida Bagus Rai Mantra, beliau sangat peduli dengan seni dan budaya Bali dan untuk itu beliau merelakan tanah miliknya untuk dibangun taman budaya ini yang kita kenal sekarang, diharapkan dengan pembangunan taman ini para seniman Bali bisa lebih berkreafitas dan untuk melestarikan budaya dan kesenian Bali.

Taman ini dibuka pada 1973 dan setiap tahun diadakan event kesenian yang di sebut dengan pesta kesenian Bali. Disetiap event yang akan di gelar selalu diawali dengan parade/pawai pembukaan yang dilaksanakan di jalan Puputan, Renon yang diikuti oleh seluruh kabupaten kota yang ada di Bali dengan membawakan kesenian dan budaya masing-masing kabupaten dengan kreatifitasnya tersendiri, disamping itu acara ini juga diikuti oleh kabupaten/kota dari luar Bali bahkan dari mancanegara dan keikutsertaan mereka bukan hnaya pada acara pembukaan tetapi selama acara pesta kesenian Bali berlangsung selama satu bulan, event ini biasanya digelar pada pertengahan bulan juni-juli sesuai pada masa liburan sekolah. Selain acara tahunan disini juga sering digelar event-event lainnya yang berhubungan dengan seni dan budaya Bali.

Karena terletak ditengah-tengah kota Denpasar, maka sangat mudah untuk mencapai tempat ini bisa dengan mobil, bis maupun sepeda motor. 

Jika anda liburan ke Bali pas pada masa liburan sekolah jangan lupa untuk mengunjungi Art Center.

No comments:

Post a Comment