Friday, June 28, 2013

Pantai Pandawa Nan Eksotis

Pantai Pandawa Bali
Terletak di desa Kutuh, kecamatan Kuta Selatan sekitar 3 km dari Nusa Dua atau Pura Uluwatu, pantai Pandawa dulunya masih jarang dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun lokal kebanyakan pengunjungnya adalah para turis yang ingin berselancar karena ombak disini bagus untuk olahraga air dan ombak pecah di tengah laut sekitar 10-15 meter dari bibir pantai. Dalam hal  panorama, pantai ini tidak kalah indah dengan pantai lainnya dan memiliki karakteristik tersendiri serta airnya yang bening.

Belum banyak yang tahu akan keberadaan pantai ini karena dulu berada di balik bukit sehingga keindahannya ikut tersembunyi. Sekarang pemerintah kabupaten Badung sudah membuka akses jalan menuju pantai Pandawa dengan membelah bukit kapur dan membuat jalan untuk memudahkan dan meningkatkan minat wisatawan baik lokal, domestik maupun mancanegara untuk berkunjung serta dapat meningkatkan perekonomian disana.

Saat akan memasuki lokasi objek wisata ini kita akan melewati dinding kapur dikiri-kanan jalan mirip dengan yang ada di objek wisata GWK dan terdapat patung-patung tokoh pewayangan panca Pandawa dari kisah Mahabarata seperti Drupadi istri Pandawa, Yudistira, Bima, Arjuna, Nakula dan Shadewa. Nah, dari sinilah pantai ini mendapatkan namanya. 

Warga disini dulunya kebanyakan sebagai nelayan dan petani rumput laut tetapi sekarang jumlahnya sudah berkurang karena mereka lebih memilih menjadi pengelola pantai dan kerja di bidang pariwisata. 

Pantai Pandawa
View pantai
Disini anda bisa berjemur atau duduk saja sambil menikmati pemandangan pantai nun biru dengan pasir putih yang lembut dan deburan ombak yang berkejaran kepesisir, kalau ingin menikmati minuman ringan maupun makana seperti sate dan jagung bakar sudah tersedia diwarung-warung disini dan juga disewakan payung dan kursi pantai untuk bersantai Rp 30.000. Jika suka untuk main olah raga air seperti main kano, juga bisa harga sewa Rp. 15.000 dan sudah tentu anda bisa berenang disini karena airnya jernih. Untuk masuk ke objek wisata ini kita cuma bayar Rp. 2.000 untuk sepeda motor untuk retribusi yang dikelola oleh desa setempat. Dipantai ini juga anda menikmati keindahan matahari terbit dipagi hari karena pantai ini menghadap ketimur. Seperti objek wisata pantai lainnya, pengunjung akan ramai pada hari-hari libur seperti hari minggu maupun hari libur nasional dan hari raya.

Jika anda ingin menikmati keindahan panorama pantai di Bali selain pantai yang sudah terkenal seperti pantai Kuta, Pantai Nusa Dua maupun pantai Sanur tidak ada salahnya untuk menyempatkan diri untuk berkunjung ke pantai ini bersama keluarga, teman maupun pacar.
Pantai Pandawa Bali
Jalan Menuju Pantai

Patung Pandawa
Salah Satu Patung Pandawa di Sisi Tebing

Suasana Pantai Pandawa
Suasana Pantai
Peta lokasi pantai Pandawa dengantanda panah hijau


View Pantai Pandawa, Bali in a larger map

1 comment:

  1. wauw keren sekali...
    yeiy besok kesini...
    www.duniawisataku.com

    ReplyDelete