Friday, April 19, 2013

Tempat Wisata di Ubud Bali

Kali ini objek wisata di Bali yang akan dibahas adalah Ubud. Sudah pada pernah kesana belum?, kalau belum, artikel ini patut anda baca karena akan membahas tentang Ubud walaupun tidak begitu rinci tetapi cukup memberikan gambaran tentang Ubud.
Ubud adalah suatu kawasan sejuk di Bali yang secara administrative berada di kabupaten Gianyar-Bali dan terletak ditengah pulau Bali. Berada diatas ketinggian 300meter diatas permukaan laut membuat udara disini terasa lebih sejuk dibandingkan dengan Denpasar, kuta maupun Nusa Dua. Jarak dari kota Denpasar sekitar 35 km atau dengan jarak tempuh sekitar 45 menit dari kota Denpasar.

Ubud dikenal sebagai kota seniman dimana banyak seniman dari pelukis, penari  maupun pematung lahir atau
Bukit Campuhan Ubud bali
Bukit Campuhan Ubud Bali
belajar seni disini. Karena keindahan alam dan kebudayaan sosial masyarakatnya membuat kota kecil ini banyak dikunjungi orang baik wisatawan domestic maupun mancanegara. Pemandangan alam dan suasana yang tenang menginspirasi pelukis untuk menorehkan keindahan tersebut kedalam kanvas. Ada banyak pelukis yang terkenal di Ubud seperti I Gusti Nyoman Lempad (1862-1978), I Gusti Made Deblog (1910-1986) dan lain-lain.

Objek wisata Ubud menjadi terkenal sampai ke manca negara semenjak kedatangan pelukis dari Negara Jerman Walter Spies and Rudolf Bonnet yang berasal dari Belanda. Mereka kemidian memperkenalkan teknik melukis gaya Eropa kepada pelukis disini dengan gaya pencahayaan pada lukisan.  Nah, gaya lukisan tersebut kemudian dikombinsikan oleh para seniman local yang kemudian dikenal dengan lukisan gaya Ubud. Kota ini juga yang menarik hati  Antonio Blanco yang berasal dari Spanyol tetapi kelahiran Manila, Filipina untuk melukis dan kemudian mendirikan museum Blanco.

Disamping dikenal sebagai kota para seniman, ubud juga menawarkan tempat wisata menarik lainnya seperti pemandangan terasering persawahan, Olahraga petualangan Rafting di sungai Ayung, wisata alam Monkey Forest, istana Kerajaan Ubud, museum lukisan, pasar seni tradisional dan pemandangan perbukitan di bukit Campuhan. Disamping itu anda juga bisa menikmati suasana pedesaan dengan pemandangan persawahan dengan naik sepeda gayung.

Ceking Ubud Bali

Semenjak ditetapkan sebagai salah satu tempat wisata di Bali, maka seiring perkembangannya, banyak akomodasi wisata telah dibangun disini seperti penginapan sekelas Home Stay atau melati Villa maupun hotel  di sekitar kawasan Monkey Forest atau di jalan raya ubud restoran sudah mudah ditemukan disini. Jadi anda tidak perlu khawatir jika kemalaman dan kesulitan mencari akomodasi seperti yang disebutkan diatas.

Untuk akomodasi kendaraan, karena tidak ada jasa taksi maka disini akan banyak dijumpai warga yang menyewakan kendaraan (mobil) pribadinya sebagai jasa transportasi wisata dan biasanya sudah termasuk sopir, harga sewa rata-rata dimulai sekitar 150.000 tergantung jauh dekatnya jarak tujuan jangan lupa untk menawar ya.

Selamat menikmati liburan di Ubud Bali…


Peta Ubud :


No comments:

Post a Comment