Friday, June 14, 2013

Jalan Tol Bali

Untuk mendukung kelancaran lalulintas di pulau Bali khususnya untuk mendukung pariwisata pemerintah membangun jalan tol yang menghubungkan Nusa Dua-Airport-Tanjung Benoa. Dengan  dibangunnya jalan tol ini di harapkan akan mengurai kemacetan yang telah menjadi masalah serius di Bali.


Proyek Jalan Tol Bali
Pembangunan proyek jalan ini diharapkan akan selesai akhir juli 2013 dan dapat digunakan sebelum pergelaran APEC. Proyek  jalan ini merupakan yang pertama dibangun di Bali dan jalan ini diperuntukan untuk semua kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat, truk bis dll. Yang unik dari proyek ini  adalah pembangunnanya tidak di daratan tetapi diatas laut di tanjung Benoa. Untuk menjamin keselamatan pengendara sepeda motor, maka di jalan tol ini juga dipasangi alat pendeteksi kecepatan angin, karena untuk bulan - bulan tertentu didaerah ini anginnya cukup kencang, dimana jika angin yang bertiup cukup kencang sehingga berpotensi membahayakan pengendara sepeda motor maka jalur untuk sepeda motor akan ditutup sementara oleh operator.

Proyek jalan ini dibangun dengan panjang 8,12 km dan akses tol sepanjang 1,597 km dan membutuhkan dana sekitar 2,49 trilliun adapun pembiayaannya merupakan patungan dari perusahaan BUMN dan tidak membebani APBN. Rencananya peresmian jalan ini akan dilaksanakan pada tanggal 12 september oleh Bapak Presiden RI.

Untuk tarif kendaraan yang akan mengunakan akses jalan ini akan dikenakan biaya Rp. 10.000 untuk mobil dan Rp. 4.000 untuk sepeda motor, Jalan tol ini dikelola oleh PT Jasamarga Bali Tol, yaitu  perusahaan konsorsium BUMN yang terdiri dari PT  Jasa Marga (Persero) Tbk, PT Pelindo III (Persero), PT Angkasa Pura I (Persero), PT Pengembangan Pariwisata Bali (Persero), PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, PT Adhi Karya (Persero) Tbk, serta PT Hutama Karya (Persero).

Sumber :
http://www.jasamarga.com/en_/berita/item/242-jalan-tol-bali-segera-terwujud.html
http://regional.kompas.com/read/2011/12/21/13180544/Bali.Mulai.Bangun.Jalan.Tol.

No comments:

Post a Comment