Wednesday, April 17, 2013

Objek Wisata Alam Jatiluwih

Pulau Bali memiliki banyak tempat wisata yang menarik. Salah satunya adalah objek wisata alam di desa Jatiluwih, yang terletak dikaki gunung Batukaru Tabanan. Jatiluwih sebagai objek wisata alam yang indah berupa pemandangan terasering persawahan yang asri dan telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai salah satu warisan dunia. Warga Bali khususnya dan Indonesia patut berbangga akan hal ini.
Kata Jatiluwih berasal dari kata bahasa Bali, Jati dan luwih, Jati berarti sejati/sebenarnya/asli sedangkan Luwih berarti bagus,baik atau indah. Sehingga dapat disimpulkan desa Jatiluwih berarti suatu desa yang benar-benar bagus/indah.  Desa Jatiluwih terletak disebelah utara kota Tabanan sekitar 28 km, kabupaten Tabanan dan sekitar 48 km/ sekitar 1(satu) jam dari kota Denpasar.


Objek wisata Bali Jatiluwih
Sawah Jatiluwih
Terletak diketinggian 700 meter diatas permukaan laut yang berhawa sejuk objek wisata Jatiluwih semakin memadukan antara ketenangan dan keindahan. Pertanian organic dengan system tradisional Bali yang disebut Subak terawat dengan baik diatas persawahan seluas kurang lebih 300 hektarare. Jika anda berkunjung kesini jangan lupa untuk mengunjungi objek wisata Danau Bedugul, Alas Kedaton dan Tanah Lot karena merupakan jalur yang sama dan sama-sama terletak di kabupaten Tabanan.

Sebenarnya, objek wisata ini telah dikenal dari dulu tapi karena dulu akses jalan yang kurang bagus menyebabkan desa jatiluwih kurang terkenal. Tetapi mulai sekitar tahun 1970-an mulai mendapat perhatian dari pemerintah dan membangun akses jalan yang memadai sehingga dapat dikenal oleh semua orang bahkan oleh wisatawan dari manca Negara.

Sekarang Jatiluwih merupakan tempat wisata alam yang berlatarbelakang gunung Batukaru banyak dikunjungi oleh wisatawan domestic maupun mancanegara dan bagi mereka yang gemar wisata alam apalagi tentang keindahan persawahan, Jatiluwih adalah tempat yang wajib dikunjungi jika ke Bali. Disamping untuk menyengarkan pikiran ataupun mata pengungunjung dengan hamparan terasering persawahan, juga sering dijadikan tempat untuk shooting film, pembuatan video klip maupun foto prawedding.

Jatiluwih Bali
View sawah

Dengan membayar tiket Rp. 20.000 anda sudah bisa menikmati pemandangan terasering sawah nan hijau dan asri. Anda juga bisa menikmatinya dengan turun kesawah berjalan di pematang sawah dan jika anda lagi beruntung anda bisa melihat pak tani membajak sawah dengan kerbaunya, tentu ini akan memperlengkap liburan anda disini.

Untuk akomodasi anda bisa menggunakan mobil maupun sepeda motor. Untuk makan dan minum juga sudah ada restoran maupun warung, toilet, tempat parkir maupun Bale atau wantilan untuk sekedar beristirahat.

Selamat berwisata di Jatiluwih.

No comments:

Post a Comment