Monday, May 6, 2013

Masakan / Kuliner Khas Bali

Siapa yang tidak kenal pulau Bali, disamping alam dan budayanya, terdapat pula masakan / kuliner khas pulau Dewata ini yang disebut Lawar. Lawar merupakan perpaduan antar danging dan buah sayuran seperti kacang panjang, pepaya muda, kelapa maupun nangka muda dengan bumbu yang khas yang sering disebut dengan bumbu genap maksudnya dicampur dari banyak bumbu/rempah-rempah, membuatnya terasa enak.


Lawar masakan / kuliner khas Bali
Lawar Bali
Umumnya masyarakat Bali akan membuat Lawar pada hari raya atau upacara-upacara keagamaan, tetapi sekarang sudah banyak yang menjualnya baik diwarung makan maupun di restoran - restoran. Jenis Lawar umum nya ada dua yaitu Lawar putih (tanpa darah) dan merah (dicampur darah dari hewan yang dipotong), sebelum digunakan, darah tersebut digoreng / atau direbus dahulu dan dicampuri bumbu baru kemudian dicampur dengan danging dan sayuran. Penamaannya berdasarkan daging yang digunakan seperti lawar ayam (terbuat dari daging ayam), lawar babi (terbuat dari daging babi), lawar sapi (terbuat dari sapi) dan kadang juga disebut berdasarkan sayur yang digunakan seperti yang telah disebutkan tadi. 

Selain Lawar terdapat juga masakan khas Bali yaitu Jukut Urab. Jukut Urab ini merupakan pencampuran antara sayuran bayam, toge, mentimun dan kelapa yang dipanggang yang membuat rasanya khas dan enak. Jukut Urab asli sayuran saja tanpa daging.

Nah, jika anda berkunjung ke Bali jangan lupa untuk mencicipi masakan / kuliner ini, Selamat mencoba.


No comments:

Post a Comment