Sunday, June 23, 2013

Salah Satu Warisan Dunia Itu Adalah Subak di Bali

Bali selain sebagai pulau wisata juga merupakan pulau agraris yang artinya banyak penduduknya yang bekerja sebagai petani khususnya yang di pedesaan, disamping sebagai pedagang, seniman  maupun sebagai pengrajin. Pertanian yang terdapat di Bali adalah pertanian perkebunan dan persawahan dimana dengan pertanian persawahan ini memberikan pemandangan alam yang hijau dan menjadi daya tarik wisata. Nah, yang namanya pertanian pasti ada sistem pengairan untuk mengairi sawah dan perkebunan tersebut yang di Bali disebut dengan Subak.

Subak di BaliSubak merupakan sebuah perkumpulan / organisasi tradisional yang mengatur sistem pengairan sawah atau lahan pertanian yang terdapat di Bali dengan beranggotakan para petani dan memiliki sebuah pura yang dinamakan Ulun Carik yang diperuntukkan untuk memuja Tuhan sebagai Dewi Kesuburan/Kemakmuran (Dewi Sri). 

Subak sudah mendapat pengakuan dunia dan sudah ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan dunia pada tahun 2012 karena subak dapat mempertahankan budaya asli masyarakat Bali. Bali khususnya dan Indonesia pada umumnya bisa berbangga hati karena salah satu kebudayaannya di akui oleh dunia.

Keberadaan Subak sendiri sebagai bagian dari pertanian di Bali serta sudah merupakan salah salah satu warisan dunia sangatlah penting dan harus dilestarikan supaya tidak hilang bersamaan perkembangan zaman dan pesatnya pariwisata baik dikarenakan beralih fungsinya sawah menjadi perumahan, pertokoan maupun perkantoran dan juga dikarenakan semakin sedikitnya para generasi muda yang menekuni dunia pertanian dan lebih memilih terjun kedunia pariwisata karena pendapatan yang lebih menjanjikan. 

Untuk melestarikan Subak sangat diperlukan perhatian semua pihak termasuk pemerintah untuk melindungi petani dan peraturan untuk mencegah peralihan fungsi lahan pertanian serta membuat program-program yang mendukung meningkatkan kesejahtraan para petani. Dengan lestarinya Subak sudah barang tentu akan mempertahankan Bali sebagai pulau tujuan wisata alam khususnya dalam hal keindahan pemandangan persawahan sebagai objek wisata di Bali.

Sistem Irigasi - Subak Bali
Pertanian Subak
Dan sudah tidak dapat dipungkiri bahwa selain karena kebudayaan Bali, keberadaan kepariwisataan Bali juga tergantung dari pertanian khususnya persawahan / tanaman padi karena memberikan pemandangan yang indah seperti objek wisata alam di Jatuiluwih yang mengandalkan wisata alam dengan pemandangan persawahan yang indah. Dengan lestarinya Subak sama dengan mempertahankan keberadaan persawahan disamping sebagai penghasil stok pangan khusunya beras untuk memenuhi kebutuhan hidup masyarakat dan juga melestarikan objek wisata itu sendiri sebagai tujuan pariwisata.

No comments:

Post a Comment